DiTo2027

My Personal Blog, Music Is My Life n Knowledge is everything

PHP, Web jadi Dinamis dan Interaktif


PHP (Hypertext PreProcessor), bukan singkatan dari Pengurus Harian Pusat loh….😀, merupakan script yang membuat sebuah halaman web menjadi dinamis, yang berarti halaman web menjadi lebih interaktif dan halaman yang akan ditampilkan dibuat saat client melakukan request halaman tersebut. Sehingga informasi yang diterima oleh client adalah selalu informasi yang terbaru. Script PHP dieksekusi pada server dimana script tersebut dijalankan (serverside), jadi semua informasi yang ingin ditampilkan di halaman web bisa dilihat dengan baik oleh semua jenis browser client. Berbeda dengan JavaScript yang dijalankan di sisi klien, script PHP dijalankan di sisi server. Dengan demikian kode sumber program tidak dapat dengan mudah dicuri oleh orang lain. Sebab, yang dikirim ke klien hanyalah hasil dari pemrosesan yang terjadi di server, tanpa kode sumbernya.

PHP termasuk dalam HTML-embedded, oleh karena itu script PHP bisa disisipkan pada sebuah halaman HTML. Perbedaan utama antara script PHP dengan HTML adalah, HTML murni sebuah dokumen teks sedangkan script PHP di dalamnya terdapat program yang akan diproses oleh web server dan hasil pemrosesannya adalah sebuah dokumen teks.

Mulai dari versi kedua, ditambahkan dua fasilitas yang penting yaitu Form HTML dan koneksi dengan database MySQL. PHP versi ketiga dikembangkan oleh Rasmus dan suatu kelompok open source, dimana pada versi ini PHP mulai menampakkan keunggulannya sebagai sebuah bahasa server scripting yang handal. Melalui perkembangan yang pesat ini banyak fasilitas yang ditambahkan dan oleh kelompok ini PHP disebut sebagai ‘PHP: Hypertext Preprocessor’. Sintak yang digunakan berasal dari bahasa C , Java, dan Perl.

Instalasi PHP juga cukup mudah (karena keterbatasan media, maka tidak diterangkan di sini), jika anda berminat anda bisa mendownload instalasi serta settingnya di IKC (www.ilmukomputer.com) atau anda bisa searching dengan search engine favorit anda. Karena dukungan dan penggunaan terhadap bahasa pemrograman ini sangat luas dan besar. Jadi kalau anda ingin belajar menjadi web programmer, memilih PHP merupakan keputusan yang sangat bijak, tentunya dengan dukungan design yang bagus juga.

Januari 22, 2008 - Posted by | Web |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: